Textbook
Evaluasi Implementasi Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan CIIP ( Studi Kasus di MA Bina Cendikia Cirebon)
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji evaluasi proses
pembelajaran biologi secara daring di MA Bina Cendekia Cirebon, diukur dari
variabel Context, Input, Proses dan Produk. Penelitian ini menggunakan
penelitian evaluatif model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam, dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus (case
studies). Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas XI IPA yang berjumlah 1
orang guru dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 3 orang siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah evaluatif deskriptif.
Berdasarkan pengambilan data penelitian, maka diperoleh hasil sebagai
berikut : Context meliputi tujuan pembelajaran daring belum maksimal, kebutuhan
pembelajaran daring sudah memenuhi, lingkungan pelaksanaan pembelajaran
ditinjau dari guru biologi mendukung sedangkan dari siswa belum mendukung.
Input meliputi kualifikasi guru (S1) Pendidikan guru biologi, administrasi
pembelajaran lengkap, sarana prasarana sudah memadai. Process meliputi
kesesuain pelaksanaan pembelajaran biologi dengan RPP sesuai, proses
pembelajaran biologi terlaksana dengan maksimal jika ditinjau dari gurunya,
sedangkan ditinjau dari peserta didik kurang maksimal, Performa guru guru
biologi memiliki kompetensi yang mengampu sesuai bidangnya. Product meliputi
hasil belajar siswa belum mencapai KKM.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi
proses pembelajaran biologi secara daring di MA Bina Cendekia Cirebon bagi
siswa tergolong kurang maksimal dan bagi guru tergolong maksimal ditinjau dari
segi variabel Context, Input, Process Dan Product.
227306017 | K BIO-22017 AIS e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain