Textbook
Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Islam Dengan Asesmen Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa
Sistem pendidikan Indonesia dituntut mampu mengembangkan
keterampilan abad ke-21 salah satunya berupa keterampilan berpikir kreatif
(KBK). Faktanya keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan
model problem based learning (PBL) terintegrasi nixlai Islam dengan asesmen
mind mapping, kemudian untuk menganalisis KBK siswa melalui penerapan
model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping dan untuk
mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model PBL terintegrasi
nilai Islam dengan asesmen mind mapping. Metode penelitian menggunakan true
eksperimental design dengan desain postest only control design. Lokasi penelitian
di SMAN 1 Dukupuntang dengan jumlah responden yang diamati sebanyak 30
siswa. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan populasi
seluruh siswa IPA kelas X. Adapun kelas yang dipilih yaitu kelas X IPA 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan
data berupa lembar observasi, mind map dan angket. Sedangkan teknik
pengolahan data berupa uji nomalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas belajar siswa yang diterapkan model
PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping meningkat dengan
rata-rata nilai aktivitas belajar siswa 88 terklasifikasi sangat baik. Penerapan
model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen mind mapping secara
signifikan mampu meningkatkan KBK siswa dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed)
0,000. Respon siswa terhadap model PBL terintegrasi nilai Islam dengan asesmen
mind mapping positif dengan terkategori berminat (67,8). Adapun temuan dalam
penelitian ini yakni siswa membutuhkan stimulasi lebih agar mampu
mengintegrasikan nilai keislaman dengan ilmu pengetahuan saat pembelajaran
online. Dapat disimpulkan bahwa model PBL terintegrasi nilai Islam dengan
asesmen mind mapping mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
227306016 | K BIO-22016 UYU p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain