Textbook
Analisis Konten Pedagogis Buku Teks Biologi Kelas XII Pada Pokok Bahasan Pembelahan Sel
Pedagogis berasal dari kerja para ahli psikologi kognitif dalam studi mereka
terkait pengajaran dan pendidikan guru. Dalam penelitian ini, lebih
mengedepankan analisis isi buku teks pada ketiga kurikulum (KTSP, kurikulum
2013 dan kurikulum 2013 revisi edisi 2016). Dengan demikian, untuk melihat
sejauh mana suatu kurikulum pendidikan, kegiatan pendidikan, bahan ajar,
ataupun metode evaluasi sesuai dengan tujuan-tujuan pedagogis, dapat dilakukan
analisis pedagogis. Buku teks merupakan buku yang mengandung substansi
materi pelajaran atau bidang studi tertentu, yang penulisannya dilakukan secara
sistematis dengan proses penyeleksian yang mengacu pada tujuan, orientasi
pembelajaran dan perkembangan peserta didik, dengan tujuan akhir untuk
diasimilasikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbandingan
keterbacaan isi terhadap tiga buku teks biologi SMA kelas XII dalam pokok
bahasan materi Pembelahan Sel (2) mengetahui perbandingan ketepatan konsep
terhadap tiga buku teks biologi SMA kelas XII (3) mengetahui perbandingan
representasi visual terhadap tiga buku teks biologi SMA kelas XII dan (4)
mengetahui perbandingan ketercapaian tujuan kurikulum pada tiga buku teks
biologi SMA kelas XII. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif . Teknik pengumpulan data yang diambil oleh peneliti berupa buku teks
pokok bahasan pemelahan sel pada KTSP, Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013
revisi edisi 2016. Instrumen penelitian yang digunakan ialah berupa protokol
analisis isi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan analisis ketepatan konsep
terhadap tiga buku teks penerbit dan penulis yang sama dan dari kurikulum
berbeda termasuk kedalam kategori baik karena presentase konsep memadainya
tinggi yaitu 77,7%. Perbandingan analisis ketepatan tujuan kurikulum hanya
terhadap dua buku teks saja Sampel A dan B, karena sampel C tidak memiliki
tujuan pembelajaran. Dari kedua buku sampe tersebut terdapat peningkatan
ketepatan tujuan praktikum, sampel A memiliki presentase 0,6 (cukup) sedangkan
sampel B memiliki presentase 0,7 (baik). Perbandingan analisis Keterbacaan Isi
terhadap tiga buku teks dari kurikulum berbeda, menunjukan sampel A, B dan C
diketahui daerah yang cocok adalah daerah 14, hal ini menegaskan bahwa
keterbacaan isi yang dimiliki oleh ketiga sampel terlalu sulit karena tidak tepat
dengan kelas yang sedang dipelajari yaitu kelas 12. Perbandingan analisis
Representasi Visual pada tiga buku teks dari kurikulum berbeda, menunjukan
bahwa sampel sampel A mendapatkan presentase tertinggi yaitu 18% bermakna,
100% metafora dan 53% penjelas, sedangkan untuk sampel B dan C mendapatkan
presentase setara yaitu 18% ada hubungan, 100% metafora dan pemberi contoh
6%
227306015 | K BIO-22015 MOH a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain