Textbook
Penetapan Multimedia Inteaktif Berbantuan QR-Code Untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa di SMAN 1 Jamblang
Masa pandemi seperti sekarang siswa belum dapat menguasai materi
pelajaran secara maksimal hal ini yang menimbulkan rendahnya hasil belajar
siswa. Dalam hal ini penulis menerapkan multimedia interaktif berbantuan qrcode. Tujuannya ialah 1)mengkaji penerapan multimedia interaktif berbantuan qrcode terhadap aktivitas belajar siswa 2)menganalisis perbedaan hasil belajar siswa
3)mengkaji faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran. Teknik
pengumpulan data meliputi test pilihan ganda dan observasi. Adapun penelitian
ini merupakan True Experimen dengan desain model pretest-posttest control
group design. Kemudian dianalisis dengan uji homogenitas, normalitas, uji beda
hipotesis dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Aktivitas pembelajaran kelas eksperimen
memperoleh skor persentase lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada aktivitas belajar siswa. 2)
Berdasarkan analisis niali N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.
Kesimpulan dari hasil SPSS versi 25 yaitu penerapan multimedia interaktif
berbantuan qr-code dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 3) faktor pendukung
dalam penelitian yaitu; media interaktif berbantuan qr-code dapat digunakan
dimana saja dan kapan saja, dapat penyebarkan informasi secara efektif dan
efisien, sehingga siswa terampil dalam menjalankan program. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu; pembelajaran dilakukan secara daring membutuhkan
koneksi internet yang stabil dan materi yang disajikan dalam multimedia interaktif
terbatas hanya materi sistem reproduksi manusia.
227306011 | K BIO-22011 ADE p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain