Textbook
Analisis Cakupan Materi Berdasarkan Literasi Biologi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Pada Aplikasi Quipper dan Ruangguru
Penelitian ini dilakukan karena banyaknya aplikasi pembelajaran yang beredar yang
digunakan oleh siswa untuk sumber belajar lain selama pandemi yang
menggunakan pembelajaran daring yang belum diteliti dari segi kualitas literasi
biologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas literasi biologi
pada aplikasi pembelajaran M-Learning berdasarkan dimensi karakteristik
pengetahuan, nilai sikap ilmiah dan metode proses secara inkuiri. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Sampel penelitian
berjumlah 2 aplikasi pembelajaran yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Unit
analisis yang dijadikan bahan kajian dalam penelitian ini adalah kalimat yang
memuat literasi biologi yang terdapat dalam aplikasi pembelajaran. Instrumen yang
digunakan adalah tabel sederhana berupa lembar analisis dimensi literasi biologi
berdasarkan Uno dan Bybee.
Hasil penelitian menunjukkan dimensi karakteristik pengetahuan kategori memadai
pada aplikasi Ruangguru diperoleh 60,99%, cukup memadai diperoleh 39,01%, dan
aspek kurang memadai 0% dan pada aplikasi quipper untuk aspek memadai yaitu
61,54%, aspek memadai 38,46%, pada aspek kurang memadai 0%. Selanjutnya
pada dimensi nilai sikap ilmiah pada kategori memadai pada aplikasi Ruangguru
diperoleh 90,10%, cukup memadai diperoleh 9,90%, dan aspek kurang memadai
0% dan pada aplikasi quipper untuk aspek memadai yaitu 93,44%,, aspek memadai
6,56%, pada aspek kurang memadai 0%. Dan pada dimensi proses secara inkuiri
pada kategori memadai pada aplikasi Ruangguru diperoleh 100%, cukup memadai
diperoleh 0%, dan aspek kurang memadai 0% dan pada aplikasi quipper untuk
aspek memadai yaitu 94,74%, aspek memadai 5,26% pada aspek kurang memadai
0%.
227306006 | K BIO-22006 SAY a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain