Textbook
Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI Di SMA Negeri 1 Haurgeulis
Penyebaran wabah Covid-19 mengharuskan seluruh peserta didik dan para guru
untuk menerapkan metode pembelajaran lainnya, yaitu dengan menerapkan metode belajar
dalam jaringan atau disingkat dengan daring (Online). Minat sangat berperan penting
dalam kehidupan peserta didik yang memiliki dampak besar terhadap sikap dan perilaku.
Siswa yang memiliki minat terhadap kegiatan belajar maka ia akan berusaha lebih keras
dalam belajar dibandingkan dengan siswa yang tidak memiliki minat belajar. Berdasarkan
study pendahuluan dapat diketahui bahwa partisipasi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri
1 Haurgeulis belum terjadi secara optimal pada pembelajaran daring, kehadiran siswa yang
mengikuti pembelajaran hanya sebagian tidak full seperti pembelajaran luar jaringan, sikap
siswa dalam pengerjaan tugas belum maksimal hal ini terjadi karena masih ada beberapa
siswa yang mengumpulkan tugas tidak tepat waktu. Tujuan dari penelitian yaitu untuk
menganalisis minat belajar siswa melalui pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan
(daring) pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA Negeri 1 Haurgeulis, untuk
menganalisis minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA Negeri 1
Haurgeulis ditinjau berdasarkan gender dan hasil belajar serta untuk menganalisis upaya
guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring materi sistem
pencernaan kelas XI di SMA Negeri 1 Haurgeulis. Metode yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan bentuk pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa
kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Haurgeulis sebanyak 51 responden. Teknik pengumpulan
datanya menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menghasilkan
bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran daring materi sistem pencernaan kelas XI
MIPA di SMA Negeri 1 Haurgeulis dapat dikatakan baik dengan persentase rata-rata
sebesar 52%. Minat belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Haurgeulis ditinjau
berdasarkan gender yang paling tinggi yaitu minat belajar gender perempuan dengan
persentase rata-rata sebesar 53%, untuk gender laki-laki berada diurutan yang kedua
dengan persentase rata-rata sebesar 52%. Hasil tersebut menunjukan bahwa minat belajar
ditinjau berdasarkan gender masuk kedalam kategori baik dengan perbedaan minat belajar
siswa laki-laki dan perempuan sangat tipis dengan selisih 1%. Minat belajar siswa sangat
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hasil rata-rata minat belajar siswa kelas XI MIPA
di SMA Negeri 1 Haurgeulis memperoleh persentase sebesar 52% dengan perolehan ratarata nilai ulangan harian pada materi sistem pencernaan sebesar 51. Upaya yang dapat
dilakukan oleh guru untuk mengatasi minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan
media pembelajaran yang bervariasi, menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan dan pemberian tugas yang tidak memberatkan siswa serta melakukan home
visit.
227306003 | K BIO-22003 AIN a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain