Textbook
Pengaruh Efiksi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Daring Di Masa Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Di MAN 1 Kota Cirebon
Pembelajaran daring diterapkan sebagai usaha untuk menekan penyebaran Covid19 yang diatur dalam surat edaran dari Meteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020, namun dalam penerapannya
berdampak terhadap psikologis siswa salah satunya adalah efikasi diri (keyakinan
terhadap kemampuan yang dimiliki). Efikasi diri akan mempengaruhi tindakan
yang akan dilakukan siswa dan berdampak terhadap hasil belajar yang dicapai.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu:1)menjelaskan efikasi diri siswa,
2)mendeskripsikan hasil belajar siswa, 3)menganalisis pengaruh efikasi diri
terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian menggunakan desain
penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4.
Teknik pengambilan data yaitu menggunakan angket dibantu google form,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16.0
dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana,
hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Efikasi diri siswa kelas XI di MAN 1
Kota Cirebon berada pada rentang 48 ≤ X < 72 dengan kategori “sedang”
sebanyak 36 siswa (58%), (2) Hasil belajar siswa kelas XI di MAN 1 Kota
Cirebon berada pada rentang nilai X ≥ 67 sebanyak 50 siswa (89%) dengan
kategori “tinggi”, (3) Efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
kelas XI di MAN 1 Kota Cirebon, dibuktikan dengan nilai signifikasi yang
diperoleh lebih besar dari 0,05 (0,422 > 0,05). Koefisien determinasi
menunjukkan bahwa persentase pengaruh efikasi diri sebesar 0,011. Hal ini
menunjukkan bahwa 1,1 % hasil belajar siswa dipengaruhi oleh efikasi diri,
sedangkan 98,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.
227306002 | K BIO-22002 ASR p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain