Textbook
PENERAPAN MEDIA YOUTUBE MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAIT AL-MULTAZAM KELAS X
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan media
belajar youtube melalui pendekatan saintifik pada materi pencemaran lingkungan
dengan sampel penelitian kelas X MIPA SMAIT Al-Multazam Kuningan tahun
ajaran 2020/2021 yang terbagi menjadi dua sampel yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling
dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan
lembar kerja siswa. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas dan uji NGain. Hasil analisis penerapan media youtube melalui pendekatan saintifik pada
materi pencemaran lingkungan kegiatan mempresentasikan menjadi kegiatan yang
paling rendah baik dikelas kontrol maupun dikelas eksperimen dengan persentase
kelas kontrol 67.13 (kategori kurang) dan kelas eksperimen 72.28 (kategori
kurang).
Analisis penggunaan media belajar terhadap hasil belajar nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 76.72 sedangkan kelas kontrol sebesar 63.57 dengan
selisih 13.15. Data uji-t pre-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan nilai t sebesar 0.626 < ttabel 2.004 dan nilai sig. (2-tailed) 0.534 > dari
0.05. Data uji-t post-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan
nilai t sebesar 3.915 > ttabel 2.004 dan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < dari 0.05.
Artinya terdapat pengaruh penggunaan media belajar terhadap hasil belajar siswa
baik kelas kontrol dan kelas eksperimen, meskipun dalam pembelajaran dikelas
kontrol yang menggunakan media pembelajaran powerpoint mengalami
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar namun peningkatan tersebut tidak
signifikan apabila dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar dikelas
eksperimen yang menggunakan media pembelajaran youtube.
227306001 | K BIO-22001 SUW p | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain