Textbook
PERAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SALAFIYAH BODELOR PLUMBON KABUPATEN CIREBON
Penelitian ini di latar belakangi oleh seiring dengan bertambahnya jumlah
santri, bilik–bilik pemondokan pun turut bertambah dari waktu ke waktu. Dimana
didalamnya kyai berperan sebagai tokoh sentral yang dijadikan panutan oleh para
santri dalam keseharian mereka.Keberhasilan pesantren adalah apabila ia mampu
memahami keberadaan pesantren sebagai organisasi yang kompleks dan unik serta
mampu melaksanakan peran kepala pondok (kyai) sebagai seorang yang diberi
tanggung jawab untuk memimpin dipondok pesantren. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada Pondok Pesantren
Assalafiyah Bode Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon dimana yang
menjadi subyek penelitian adalah Kyai, ustadz, pengurus pondok, santri,
masyarakat dan unsur pemerintah desa.
Dalam penelitian ini, yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik
pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, dokumentasi,
dan observasi. analisis datanya dengan reduksi data, display(penyajian data), dan
verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi, meningkatkan
ketekunan, dan perpanjangan penelitian.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Kyai dalam membina
perilaku tawadlu’ santri di Pondok Pesantren Assalafiyah Bode? (2) Bagaimana
peran kyai dalam membina perilaku qona’ah santri di Pondok Pesantren
Assalafiyah Bode? (3) Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Santri di Pondok Pesantren As-Salafiyah
Bodelor Plumbon Kabupaten Cirebon?
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran kyai dalam membina
perilaku disiplin santri yaitu kyai sebagai teladan, kyai sebagai pengajar,
pelaksanaanya berupa kyai senantiasa memberi teladan dalam bersikap dan
tingkah laku disiplin2) Peran kyai dalam membina perilaku disiplin santri yaitu
kyai berperan sebagai pendidik dan pengajar, kyai senantiasa memberi motivasi
dan arahan kepada santri agar selalu tetap semangat dalam mencari ilmu.3. faktor
pendukung dan penghambat disiplin santri adalah dari lingkungan pemerintahan,
masyarakat dan keluarga.
Skripsi ini bermanfaat bagi Pondok sebagai input dan tambahan informasi
dalam rangka meningkatkan kualitas perilaku santri. bagi ustadz dan ustadzah
dapat digunakan sebagai dasar peningkatan perilaku religius santri, bagi penulis
digunakan sebagai tugas akhir syarat untuk mendapatkan gelar S-1. bagi peneliti
yang akan datang sebagai bahan kajian penunjang dan bahan pengembang
perencanaan penelitian dalam meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik
penelitian ini.
227301032 | K PAI-22032 MUH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain