Textbook
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Sikap Kejujuran Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Quran Kayuwalang-Kota Cirebon
Kejujuran merupakan sebuah nilai moral yang memiliki arti kesesuaian antara
apa yang di dalam hati dengan apa yang diucapkan atau diperbuat. Kejujuran
adalah salah satu bagian dari syariat Islam yang menjadi dalah satu indikator baik
dan buruknya suatu perbuatan pada seseorang. Maka dari itu kejujuran hendaknya
menjadi sebuah prinsip dalam bertingkah laku termasuk dalam hal ini adalah
seorang peserta didik yang masih duduk di bangku sekolah seperti siswa-siswa
Kelas VIII SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang Kota Cirebon.
Namun dalam aplikatif nilai-nilai kejujuran di sekolah tersebut ditemui
beberapa permasalahan yakni proses pembelajaran akhlak kejujuran yang belum
mencapai ekspektasi, faktor penghambat dan pendorong aplikatif kejujuran, serta
belum adanya upaya yang terakomodir dalam mengkawal nilai-nilai kejujuran.
Berkaca kepada masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh data tentang efektifitas proses pembelajaran, ha-hal yang memiliki
relasi dengan aplikatif nilai-nilai kejujuran, serta sebab dan tindak lanjut Guru PAI
dalam membentuk iklim berbudaya jujur di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam, dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penampilan data serta
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru PAI dalam meningkatkan
kejujuran sudah mulai terstruktur dengan baik. Hal ini ditandai dengan adanya
penggunaan strategi pembelajaran untuk menginternalisasi nilai-nilai kejujuran di
dalam dan luar kelas, pemberian reward dan punishment, sinergi dengan warga
sekolah dan orang tua dalam mengkondusifkan lingkungan berbudaya jujur.
227301029 | K PAI-22029 AMI u | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain