Textbook
Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah (MA) negeri 1 Kota Cirebon
Penyebaran virus corona-19 mempengaruhi di berbagai bidang, seperti sosial,
ekonomi, politik pendidikan, budaya dan lain-lain. Dalam bidang pendidikan, dampaknya
bisa terlihat salah satunya adalah dalam pembelajaran. Pembelajaran yang semula
bertatap muka dialihkan menjadi pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kendati
demikian, apapun keadaannya, pendidikan harus tetap menimbulkan motivasi. Dalam
prakteknya proses pembelajaran dan motivasi tidak terpenuhi secara maksimal karena
terdapat faktor pendukung dan penghambat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Cirebon, motivasi
belajar siswa serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pembelajaran Jarak
Jauh (PJJ) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Kota Cirebon.
Pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah proses pembelajaran yang
dilakukan tanpa bertatap muka secara langung dengan menggunakan sebuah perangkat
atau media yang terhubung dengan internet. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya
penggerak yang terletak di dalam diri peserta didik yang memunculkan niat untuk
melakukan kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu
dapat tercapai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
langkah-langkah seperti observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan
kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1
Kota Cirebon bisa dikatakan efektif karena komponen-komponen pembelajaran
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagian besar sudah terpenuhi baik dilihat dari
penyampaian tujuan pembelajaran, kurikulum, guru, siswa, metode, materi, alat
pembelajaran (media), dan evaluasi. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI
diwujudkan dalam bentuk tekun dalam mengerjakan tugas, ulet menghadapi kesulitan,
lebih senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, dapat
mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakininya, senang
mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Sedangkan faktor pendukung dan
penghambat pembelajaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) meliputi metode, media, sumber
belajar dan lingkungan belajar.
227301026 | K PAI-22026 TRI e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain