Textbook
Strategi Pembentukan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren An-Nidhom kota Cirebon
Pendidikan adalah suatu proses yang direncanakan dan tersusun rapih
agar semua berkembang dengan baik melalui pembelajaran. Guru sebagai
pendidik harus bisa menjadi contoh yang baik dan dapat memengaruhi ke arah
proses tersebut sesuai dengan tata nilai, tata aturan yang dianggap baik dan
berlaku dalam masyarakat. Selain itu, strategi yang jitu maka akan menghasilkan
sesuatu yang sangat berdampak positif terutama dalam bidang pendidikan.
Strategi yang baik adalah strategi yang bisa menyesuaikan dengan situasi dan
kondisi tertentu yang dapat menjadikan suatu lembaga lebih bernilai dan
mempunyai ciri khas tersendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi pembelajaran apa
yang diterapkan pondok pesantren An-nidhom kota Cirebon dalam pembentukan
kecerdasan spiritual santri, 2) Mengetahui tingkat kecerdasan spiritual santri
pondok pesantren An-nidhom kota Cirebon, 3) Mengetahui apa saja faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam keberhasilan pembentukan Kecerdasan
Spiritual Santri pondok pesantren An-Nidhom Kota Cirebon.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah penelitian seperti
observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Selanjutnya dianalisis
secara benar dengan mereduksi data, menyajika data, penarikan kesimpulan, dan
verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, strategi yang
diterapkan pondok pesantren An-nidhom terbilang cukup efektif. Karena, di
pondok pesantren ini mengikuti kultur seperti pondok pesantren pada umumnya.
Kedua, Secara umum kebanyakan santri pondok pesantren An-nidhom belum
semuanya merata yang merasakan dampak dari adanya pengaruh strategi tersebut.
Sehingga, santri belum mampu memaksimalkan atau memanfaatkan kecerdasan
spiritual secara penuh. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat sangat
berpengaruh sekali terhadap pembentukan kecerdasan spiritual santri. Faktor
pendukung yang mampu memberikan motivasi terhadap santri, sedangkan faktor
penghambat adalah yang bisa menghambat dalam perkembangan santri untuk
memanfaatkan kecerdasan spiritual yang dimilikinya.
227301022 | K PAI-22022 MUH s | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain