Textbook
Efektivitas Pembelajaran Jarak jauh Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 gempol di Masa Pandemi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa guru telah
memanfaatkan metode pembelajaran dengan baik. Namun, motivasi belajar relatif
rendah. Indikator motivasi yang rendah ini terlihat dalam bentuk misalnya tidur di
kelas, tidak mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Dengan itu dipilihkan satu
metode alternatif yaitu metode pembelajaran Blended Learning untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukankan untuk mengetahui apakah efektifitas metode
pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di
kelas VIII SMPN 1 Gempol kabupaten Cirebon sudah baik, untuk mengetahui
apakah motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII
SMP N 1 Gempol sudah baik. Dan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas
metode pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Gempol.
Metode pembelajaran Blended Learning adalah metode pembelajaran yang
menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh
atau e-learning. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri
anak yang mampu menimbulkan kesemangatan atau kegairahan belajar. Dengan
efektifitas metode tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
Penyusun menggunakan metode kuantitatif dan dua jenis data. Yaitu data
teoritik yang diperoleh dari buku yang ada hubungannya dengan masalah skripsi.
Dan data empirik diperoleh melalui penelitian langsung ke objek penelitian
dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan
angket mengenai efektifitas metode pembelajaran Blended Learning diperoleh
hasil sebesar 80% yang menunjukkan baik. Adapun motivasi belajar siswa kelas
VIII pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP N 1 Gempol dengan
menyebarkan angket diperoleh hasil sebesar 81,9% yang menunjukkan baik.
Efektifitas metode pembelajaran Blended Learning dengan motivasi belajar pada
mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Gempol yang dilihat
dari angket menunjukkan hubungan yang cukup signifikan. Besaran efektifitas
adalah sebesar 78,8 dan 22,2% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.
227301019 | K PAI-22019 MOC e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain