Textbook
Pembelajaran Pendidikan Agama islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Kelas XI Pada Materi Berani Hifup Jujur di SMK Wahidin Kota Cirebon
Pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Wahidin Kota Cirebon dalam
membentuk karakter jujur siswa dapat memberikan dampak positif terhadap
penumbuhan karakter jujur bagi siswa SMK Wahidin Kota Cirebon. Namun, dibalik
perubahan karakter jujur itu masih terdapat beberapa siswa yang melakukan tindakan
yang tidak jujur seperti mencontek, manipulasi data, tidak berani mengakui kesalahan
dan berbohong. Padahal siswa tersebut mengikuti pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMK Wahidin Kota Cirebon dan sebagian besar siswa juga memiliki
karakter jujur yang baik
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMK Wahidin Kota Cirebon; 2) mengetahui karakter jujur siswa
SMK Wahidin Kota Cirebon; 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur siswa di
SMK Wahidin Kota Cirebon.
Pembelajaran adalah upaya guru dalam mengorganisir komponen – komponen
pembelajaran bagi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat
membantu peserta didik belajar dengan baik. Pembelajaran pendidikan Islam sangat
dibutuhkan dalam mendukung pembentukan karakter Jujur dimana menjadi era yang
penuh tantangan dihadapi oleh para siswa saat ini khususnya di SMK Wahidin Kota
Cirebon. Merosotnya karakter kejujuran pada siswa sangatlah memprihatinkan,
sekarang ini banyak sekali siswa yang tidak berprilaku jujur. Kejujuran dianggap
sudah tidak penting lagi bahkan mengangap kejujuran tidak akan mengutungkan bagi
dirinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data sebagai berikut: 1) observasi 2) wawancara 3) dokumentasi.
Selanjutnya data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembelajaran pendidikan agama Islam
dalam membentuk karakter jujur di SMK Wahidin Kota Cirebon dengan komponen
pembelajarannya yaitu, menyampaikan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,
metode pembelajaran seperti metode tanya jawab, demonstrasi, ceramah, dan kisah
qurani, media pembelajaran yang digunakannya seperti laptop, infocus, buku paket
dan alat tulis, terakhir melakukan evaluasi pembelajaran. 2) karakter jujur siswa SMK
Wahidin Kota Cirebon masih terdapat sebahagian siswa yang berprilaku tidak jujur
seperti mencontek, berbohong, tidak berani mengakui kesalahan, dan manipulasi data.
3) faktor pendukung terbagi menjadi dua yaitu faktor internal, berupa kesadaran
ii
siswa dan faktor eksternal, berupa lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan.
Begitu juga faktor penghambat terbagi menjadi dua yaitu faktor internal, berupa jiwa
siswa yang masih labil dan faktor eksternal, berupa lingkungan keluarga dan
lingkungan pergaulan.
227301015 | K PAI-22015 RIZ p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain