Textbook
Efektivitas Penetapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren At-Tamimiyyah Majalengka
Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yaitu masih terdapat
beberapa santri di Pondok Pesantren At-tamimiyyah yang mengikuti pembelajaran
kitab kuning menggunakan metode sorogan namun masih belum lancar atau
belum menguasai dalam membaca kitab kuning, ada yang sudah lancar
membacanya namun kurang dalam memahami isi kitabnya, ada yang sudah lancar
membaca dan memahami isi kitabnya namun belum mengetahui nahwu dan
shorofnya, ada juga yang sudah lancra membaca, memahami isi kitabnya namun
masih kurang dalam menjelaskannya, padahal metode sorogan ini adalah metode
yang dinilai efektif diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning karena ustadz
dapat berhadapan secara langsung face to face dengan santri melalui sorogan,
perkembangan kualitas belajar santri dapat diketahui oleh ustadz secara utuh, dan
dapat memberikan bimbingan secara penuh sehingga dapat memberikan tekanan
pengajaran kepada santri tertentu atas dasar observasi langsung terhadap tingkat
kemampuan dan kualitas belajar santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode
sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri Pondok
Pesantren At-tamimiyyah.
Metode sorogan merupakan salah satu metode pembelajaran yang ada di
pesantren. Kata sorogan berasal dari kata (sorog) bahasa Jawa yang memiliki arti
menyodorkan, jadi setiap santri mendatangi kyai atau ustadznya untuk
mendengarkan kayinya membacakan tulisan dalam kitab yang akan disetorkan,
kemudian santri yang ditunjuk oleh kyainya atau ustadznya maju kedepan dengan
membawa kitabnya kemudian disodorkan kitab tersebut dihadapan kyainya dan
mengulang apa yang telah dibaca oleh kyainya, kemudian kyainya menyimak dan
membenarkan apabila ada yang salah atau keliru dari bacaan santrinya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan langkah-langka seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian
penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sorogan di
Pondok Pesantren At-tamimiyyah melalui tiga tahapan pokok yaitu, periapan,
pelaksanaan, dan evaluasi, setelah diterapkannya metode sorogan dalam
pembelajaran kitab kuning terjadi peningkatan kemampuan santri dalam membaca
kitab kuning. Oleh karena itu metode sorogan dinilai efektif untuk diterapkan
dalam pembelajaran kitab kuning serta memgang peranan penting dalam rangka
untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren
At-tamimiyyah.
227301004 | K PAI-22004 SAT e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain