Textbook
Analisis Soal Penilaian Tengah Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma Negeri 1 Jamblang Tahun Ajaran 2020/2021
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Distribusi dimensi
pengetahuan dan dimensi proses kognitif taksonomi bloom revisi, (2) Kualitas
soal ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasanya, (3) Kualitas soal
ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan
efektivitas pengecohnya. Penelian ini bersifat Ex Post Facto. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa
dokumentasi, dan wawancara. Sumber data berupa lembar soal, respon jawaban
siswa, dan kisi-kisi soal. Analisis butir soal dilakukan secara kualitatif dan secara
kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Distribusi dimensi pengetahuan
dan dimensi proses kognitif taksonomi Bloom revisi yang terukur adalah
pengetahuan faktual 45%, prosedural 40%, konseptual 15%, metakognitif 0%, C1
0%, C2 10%, C3 35%, C4 35%, C5 20% dan C6 0%, (2) Ditinjau dari aspek
materi, konstruksi, dan bahasanya yaitu 0% soal tidak memenuhi aspek materi,
15% soal tidak memenuhi aspek konstruksi, dan 0% soal tidak memenuhi aspek
bahasa, (3) ditinjau dari aspek validitas logis 20 butir soal valid. Dari aspek
Reliabilitas diperoleh koefision reliabilitas 0,772 dengen kriteria tinggi. Dari
aspek daya pembeda butir soal 1 soal (5%) termasuk dalam kriteria sangat baik,
10 soal (50%) termasuk dalam kriteria baik, 8 soal (40%) termasuk dalam kriteria
cukup, 1 soal (5%) termasuk kriteria jelek. Dari aspek tingkat kesukaran soal 5
soal (25%) termasuk pada kriteria sukar, 9 soal (45%) termasuk dalam kriteria
sedang, 6 soal (30%) termasuk dalam kriteria mudah. Dari aspek efektivitas
pengecoh diketahui bahwa option pengecoh dari soal tersebut dikatakan 100%
berfungsi efektif.
227306004 | K BIO-22004 EEF a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain