Skripsi
Eksplorasi Desain Didaktif Pada Materi Fungsi Komposisi Berbantuan Scaffolding Siswa Kelas x SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle siswa dan
bagaimana implementasi desain didaktis konsep materi fungsi komposisi
berbantuan scaffolding serta bagaimana desain empiric (revisi) yang terbentuk.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
desain didaktis. Teknik pengumpulan data berupa: observasi, tes tulis, wawancara,
dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Kota
Cirebon sebanyak 36 orang. Tahap penelitian ini tedapat 3 tahapan, yaitu tahap
prospektif, tahap metapedadidaktik, dan tahap retrosfektif. Tahap prosfektif adalah
tahapan menganalisis learning trajectory, learning obstacle, dan membuat desain
didaktis awal. Tahap metapedadidaktik adalah tahapan mengimplementasikan
desain didaktis yang dibuat, kemudian menganalisis hasil implementasi yang telah
dilakukan. Tahap retrosfekif adalah tahapan menganalisis desain didaktis awal
dengan hasil implementasi desain didaktis, kemudian hasilnya akan dibuat sebagai
desain didaktis revisi atau desain empiric. Implementasi desain didaktis dilakukan
selama 2 pertemuan dengan pertemuan pertama bertujuan: siswa dapat menentukan
konsep fungsi komposisi dan menentukan salah satu fungsi apabila fungsi
komposisi diketahui. Pertemuan kedua betujuan: siswa dapat menentukan konsep
komposisi tiga fungsi. Hasil desain empiric tidak jauh berbeda dengan desain
didaktis awal karena masih terdapat 2 learning obstacle yang muncul terkait konsep
dan materi prasyarat.
227305002 | K MTK-22002 RAN E | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain