Skripsi
Desain Didaktif Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Analisis Learning Obstacle
Selama masa pandemi terjadi banyak kesulitan dalam proses pembelajaran khususnya dalam penyampaian materi yang diharuskan untuk menjelaskan konsep dengan media yang ada. Hal tersebut mengakibatkan munculnya kesulitan belajar (learning obstacle) khususnya dalam memperlajari materi SPLDV pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan learning obstacle (LO) terhadap siswa dalam mempelajari materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan desain didaktis materi sistem persamaan linier dua variabel.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan desain didaktis. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu
sebagai berikut: a) analisis situasi didaktis; b) analisis metapedadidaktis dan c) analisis retrosfektif. Dari tahap analisis situasi didaktis teridentifikasi beberapa LO
yang dialami siswa. yaitu siswa tidak menentukan variabel serta belum memahami
konsep PLDV, siswa melakukan kesalahan dalam operasi hitung pada metode eliminasi, siswa tidak dapat membuat model matematika dan siswa tidak menerapkan
metode substitusi. Berdasarkan temuan pada saat uji LO maka dirancanglah suatu
desain didaktis hipotesis materi SPLDV yang terdiri dari tiga desain. Desain 1 berisi
pengantar mengenai konsep PLDV dan SPLDV serta cara membuat model matematika. Desain 2 berisi cara menyelesaikan SPLDV menggunakan metode eliminasi. Desain 3 berisi cara menyelesaikan SPLDV menggunakan metode subtitusi.
Tiga desain tersebut dijadikan tiga LAS untuk tiga pertemuan. Setelah implementasi desain didaktis hipotesis, diketahui terdapat penurunan learning obstacle pada
pembelajaran SPLDV namun masih terdapat beberapa learning obstacle yang muncul sehingga dibuatlah desain didaktis empirik sebagai hasil evaluasi dari desain
didaktis hipotesis
227305001 | K-MTK-22001 SYIF D | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain