Tesis PAI
Upaya Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Akhlak Siswa di SMK Muhammadiyah Kedawung
Tesis (Magister). -- Program Studi PAI, Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, 2016
Bibliografi :
NIM : 14136310045 .
Untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, Guru Pendidikan Agama
Islam harus memiliki 4 kompetensi yang telah ditentukan oleh pemerintah
sebagaimana yang tercantum dalam permendikas no 16 tahun 2007 tentang
Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Namun realita di lapangan,
berdasarkan studi pendahuluan Kompetensi guru PAI masih dipertanyakan, hal
ini dikarenakan akhlak siswa kepada Guru yang merupakan salah satu tujuan
pendidikan nasional tidak menunjukan baik. Padahal jika dilihat kualifikasi
gurunya sudah S1 dan dari jurusan PAI malahan sudah dianggap berkompeten
karena sudah lulus sertifikasi dari Departemen Agama.
Mata Pelajaran yang mempunyai karakteristik dalam peningkatan akhlak
siswa adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan salah satu indikator
keberhasilan guru pendidikan Agama Islam adalah keberhasilannya dalam
pembelajaran akhlak.
Dari paparan ini di atas, mendorong peneliti untuk mengangkat
permasalahan: ”Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran
Akhlak di SMK Muhammadiyah Kedawung”.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi
pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Akhlak di SMK
Muhammadiyah Kedawung yang meliputi: 1. Mengkaji kompetensi pedagogik
guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran akhlak di SMK
Muhammadiyah Kedawung. 2. Mengkaji perencanaan dan pelaksanaan
kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran
Akhlak di SMK Muhammadiyah Kedawung. 3. Mengkaji upaya kompetensi
pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Akhlak di SMK
Muhammadiyah Kedawung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan dan perekaman data yang
utama adalah dengan cara observasi partisipan yang ditunjang dengan wawancara
dan studi dokumentasi.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik
guru PAI dalam pembelajaran akhlak di SMK Muhammadiyah Kedawung masuk
dalam kategori baik. Hal ini bisa dilihat dari terpenuhinya atau tercapainya
indikator dari masing-masing komponen kompetensi pedagogik guru PAI dalam
pembelajaran Akhla
201616109 | TS PAI-2016 109 DAY u | Perpustakaan Pascasarjana IAIN Cirebon (Lantai 2) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain